Fuel saver on Nissan Infinity 3.0L 2001

 

 

Penggunaan aksesoris EFIE ( Electronic Fuel Injection Enhancer) pada Mobil Nissan Infinity 3000 cc tahun 2001 ini belum dimaksimalkan karena pada mobil ini belum disematkan teknologi sensor O2.yang biasanya mulai hadir pada tahun 2007 di mobil-mobil bikinan Jepang.sepert pada : Toyota :Avanza, Rush, Kijang Innova, Yaris dan Daihatsu : Xenia, Luxio, Grand Max.

Perlu diketahui bahwa EFIE yang kami buat berisi : O2 Enhancer dan MAP/MAF Enhancer.

OXYGEN  ENHANCER :

Sensor O2  biasanya terdiri dari 4 kabel yaitu :

2  kabel untuk heating = +12v dan ground.

2 kabel lagi masing-masing = signal(+) dan ground signal. 

Pada signal (+) akan berfluktuasi terus antara 0 volt  sampai 0.9 volt setelah mesin mulai panas (kira-kira 1.5 menit setelah start).

Fluktuasi akan terus terjadi untuk mencapai nilai tegangan 0.45 volt yang artinya rasio udara dan bahan bakar pada saat tegangannya 0.45 volt itu adalah 14.7 : 1 (reaksi kimia ideal pembakaran bahan bakar pada mobil injection).

O2 Enhancer ini bekerja membuat rasio dari 14,7: 1 hingga 18 :1

dengan proteksi :

- Impedansi input yang sangat besar 2 MOhm sehingga tidak akan merusak sensor (sensor bisa rusak jika saat bekerja terjadi short ke  ground).

- Tegangan output  maksimal  0.88 volt sehingga tidak akan merusak ECU.

MAP/MAF  Enhancer :

MAP/MAF sensor bekerja menentukan besar kecilnya rasio udara dan bahan bakar saat mesin dingin dan atau udara dingin, dan saat  akselerasi (perubahan kecepatan). Bekerja dengan output 1.5 sampai dengan 3.6 volt tergantung besar kecil membukanya valve pada saat pedal gas diinjak.

Kabel MAP Sensor ada 3 buah , masing-masing adalah +5 volt, ground dan signal out (1.5 - 3.6 volt) dan pada sensor MAF biasanya memiliki jumlah kabel lebih banyak yaitu 4 hingga 6 kabel.

Jika pada sensor MAF tidak ditemukan signal out dengan tegangan 1,5 Volt pada saat Idle dan akan naik lebih dari 1,5 Volt hingga 3,6 Volt pada saat pedal gas diinjak, maka sebaiknya gunakan cara memanipulasi sensor MAF secara fisik dengan memasang PENDERAS yang terbuat dari Acrylic sheet 3 mm yang dilubangi kurang lebih sebanyak 80 lubang menggunakan mata bor 6 mm agar aliran udara yang melalui sensor bertambah deras.

MAP/MAF Enhancer bekerja dengan output 1,1 V sampai 3,3 Volt yang berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar pada saat idle , akselerasi maupun pada saat kecepatan tinggi dengan proteksi :

- Impedansi input 50 KOhm sehingga tidak merusak sensor  MAP/MAF.

- Tegangan output max 4.7 volt sehingga tidak merusak ECU.

 

jokoenergy.com